Menuju PILKADA DAIRI ,Calon Bupati No Urut 3 DANJOR-BINTANG di Berangkat Oleh Ribuan Massa Sipitu Marga Beserta Bruna dan Kula Kulana Dalam Acara Persodipen.

Editor: Admin author photo

Sidikalang (Media Polmas)

Ribuan warga Sipitu Marga berangkatkan Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Dairi No Urut 3 Danjor Nababan dan Azhar Bintang  untuk mengikuti kompetisi  kontestasi Pilkada Dairi bulan Nopember 2024.

Acara pemberangkatan dan pemberian Doa secara adat budaya Pakpak kepada Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Dairi No urut 3  ini berlangsung meriah dihadiri ribuan dari warga Sipitu Marga Pakpak beserta bru dan Kula kulana di halaman Gedung Nasional Djauli Manik, Rabu (25/09) di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang.

Kula kula, Sipitu marga yaitu Marga Saraan dan Marga Padang,dalam acara secara khusus memberikan makanan khas Pakpak Pelleng disertai Doa pemberkatan kepada paslon Bupati dan Wakil Bupati Dairi Danjor-Bintang ini agar apa yang dicita citakan tercapai.

Kadirun Padang didampingi Tamsir Padang dan perwakilan marga Saraan menyerahkan makanan pelleng khas Pakpak,"makanan merseppuh."dengan harapan dan doa agar dalam mengikuti proses Pilkada Dairi tetap Sehat dan selamat," serta apa yang disampaikan oleh Paslon Danjor Bintang perihal visi misinya membangun Dairi kedepan ditengah masyarakat Dairi  mendapat sambutan  lebih baik ,dan semakin kuat daya tariknya dan dicintai rakyat Dairi hingga memilih No urut 3 pada Pilkada Nopember 2024 ini."sebab makanan pelleng diyakini suku pakpak merupakan makanan khas khusus untuk mergraha(menyeppuh Babah) atau makanan pemberi gambaran semangat  mengikuti segala kompetisi dengan harapan agar menang mencapai harapan dicitacitakan.

Marga Saraan dan Marga Padang dari 6 lebbuh siap untuk membantu dan memenangkan Calon Bupati /wakil Bupati Dairi, apalagi Azhar Bintang diketahui merupakan keturunan dari sipitu marga."Azhar bintang adalah keturunan Bru kami Sipitu Marga,sehingga itu sebagai kerabat dekat dalam tatanan kekeluargaan budaya adat Pakpak sangat wajar dan pantas kami selaku marga Padang dan Saraan Kula Kula Sipitu Marga berkewajiban untuk mendukung dan mensukseskan anak Bru kami untuk menjadi Pertaki atau Pertaki di Bumi Sulang Silima Aur Keppas Dairi pada Pilkada 2024 ini ."ujar Perwakilan Marga Saraan dan Padang.

Untuk sekedar diketahui  Sipitu marga  merupakan satu empung ( satu keturunan-red) terdiri dari marga, Angkat, Ujung, Bintang, Capah, Kudadiri, Gajah Manik dan Sinamo dan bruna Berampu ,Pasi serta Kula kulana Marga PADANG dan Saraan.

Danjor Nababan Calon Bupati Dairi dalam kesempatan tersebut mengatakan merasa sangat bahagia karena mereka sebagai paslon Bupati dan Wakil Bupati Dairi mendapatkan Doa pemberangkatan untuk bersaing pada kontestasi Pilkada Dairi bulan Nopember 2024.

Disebutkan Danjor, bahwa sekitar beberapa bulan lalu , dia  pernah mendapat bulang  bulang ( topi kehormatan- bahasa Pakpak – red) sukut nitalun dari Raja Ardin Ujung seorang tokoh masyarakat Pakpak Sipitu Marga, ujarnya.

Danjor Nababan dengan rendah hati mengatakan agar dinasehati dan diberikan masukan kepadanya untuk satu kebaikan.  Karena menurutnya, nasehat perlu sebagai manusia biasa perlu  untuknya jika dia ada terlihat melakukan kesalahan dan kesilapan.

Hal senada juga dikatakan oleh calon wakil Bupati Dairi, Azhar Bintang berharap agar keturunan Sipitu marga terus memberikan Doa dan dukungan kepada paslon ini agar apa yg dicita citakan kelak tercapai adanya demi kebaikan dan kemajuan daerah penghasil kopi ini.

Acara pemberangkatan pemberian Doa untuk pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Dairi ini Danjor Bintang ini, dihadiri para tokoh masyarakat etnis Pakpak Sipitu Marga. Raja Ardin Ujung, Raja Umar Ujung,dan tokoh tokoh masyarakat lainnya.

Terlihat juga ribuan para undangan perwakilan marga ,tokoh Adat,Partai Pengusung ,agama ,mantan wakil Bupati Dairi Irwansyah Pasi,Perwakilan Pengurus DPD HIMPAK Medan,organisasi Pemuda Grib,PKN ,Gema Sicike Cike,Masyarakat Pancasila( MPI) hadir dalam acara persodipen keturunan Sipitu Marga dan berru, berre, bbre ikut meramaikan suasana ini dengan khidmat .

Acara yang diawali dengan  Doa bersama kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa dipimpin oleh perwakilan agama Islam ,dilanjut dengan persodipen di pimpin oleh RA Ujung didamping tokoh perwakilan Sipitu Marga Umar Ujung,Abdul Gajah Manik,Naik Capah,Mahadi Kudadiri,dll dengan harapan ,kiranya persodipen Sipitu Marga mendapat Ridho dari Allah SWT dan Sumangan Empung Menjunjung meratahi,agar keturunan Sipitu Marga Azhar Bintang dan Danjor- memimpin Kabupaten Dairi Lima Tahun kedepan"ujar H.Raja Ardin Ujung.

  (RP/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini